Kroasia Menang 3 – 0 Atas Irlandia Utara Di Windsor Park

Irlandia Utara mengalami kekalahan pertama di Windsor Park dalam 3 tahun terakhir saat menjamu Kroasia pada laga uji coba di jeda internasional bulan November ini. Sejak Cristiano Ronaldo mencetak hatrik saat Portugal menang 4 – 3 pada 3 tahun lalu di Windsor Park; tim asuhan Michael O’Neill tidak pernah mengalami kekalahan pada laga kandang. Irlandia Utara mencatat 8 kemenangan dan 2 hasil imbang pada 10 pertandingan terakhir di Belfast. Kroasia menjadi tim tamu pertama dalam 3 tahun terakhir yang merayakan kemenangan di Windsor Park setelah sukses mengakhiri pertandingan dengan skor 3 – 0.

Kroasia Menang 3 – 0 Atas Irlandia Utara Di Windsor Park

Meski Kroasia tidak diperkuat Luka Modric, Ivan Rakitic dan Dejan Lovren; namun mereka ternyata masih terlalu tangguh bagi Jonny Evans dan kawan – kawan. Tanpa diperkuat 3 pemain bintang utama mereka; Kroasia masih memiliki Mario Mandzukic yang membuka skor di menit 9. Duje Cop dan mantan penyerang Leicester City Andrej Kramaric menjadi 2 pemain lain yang melengkapi skor menjadi 3 – 0 pada laga uji coba tersebut. Kekalahan 0 – 3 di Windsor Park tersebut merupakan kekalahan terbesar semenjak Irlandia Utara dikalahkan Belanda dengan skor 0 – 6 pada bulan Juni 2012 lalu. Kekalahan tersebut juga menghentikan catatan12 pertandingan tanpa kalah yang dijalani Irlandia Utara sebelum berangkat ke putaran final EURO 2016 di Perancis lalu.

Mario Mandzukic mengawali mimpi buruk Irlandia Utara di Windsor Park setelah mencetak gol pertama dalam 463 menit pertandingan terakhir yang dijalani tim asuhan Michael O’Neill pada laga kandang. Gol Mandzukic tersebut membawa penyerang Juventus tersebut menyamai catatan gol Eduardo da Silva bagi Kroasia. Kini hanya Davor Suker yang hadir menyaksikan laga di Belfast tersebut yang masih memiliki catatan gol bagi tim nasional Kroasia dengan jumlah melebihi Mandzukic. Mantan penyerang Bayern Munich tersebut memanfaatkan bola muntah tendangan Andrej Kramaric yang lolos dari sisi kanan. Bola yang berhasil ditepis penjaga gawang Alan Mannus membuat kemelut di depan gawang Irlandia Utara sebelum Mandzukic sukses mengirim bola ke dalam jala gawang dalam hadangan 3 pemain bertahan lawan.

(Baca juga: Beberapa hasil pertandingan kualifikasi piala dunia 2018 zona ConMeBol)

Gol kedua Kroasia tercipta melalui set piece eksekusi tendangan penjuru yang rapi. Duje Cop dengan tenang membelokkan bola ke gawang Irlandia Utara setelah para pemain bertahan lawan terpaku tanpa reaksi setelah Kramaric mengeksekusi tendangan sudut. Kroasia mendapat peluang bagus di menit 53 setelah wasit memberikan hadian tendangan bebas tak langsung di dalam kotak penalti Irlandia Utara setelah seorang pemain belakang melakukan back pass yang ditangkap oleh Mannus. Sayang tendangan Marcelo Brozovic melambung tinggi di atas mistar gawang. Andrej Kramaric kemudian melengkapi kemenangan Kroasia dengan sebuah gol spektakuler dari luar kotak penalti di menit 67.